Senin, 20 Maret 2017

Cara yang Mudah Agar Percaya Diri Meningkat

Cara yang Mudah Agar Percaya Diri Meningkat

Cara yang Mudah Agar Percaya Diri Meningkat - Menetapkan sasaran yg besar taklah salah. Tapi, yg disarankan buat menetapkan sasaran yg kecil terlebih dulu sebelum meraih sasaran besar...
desyifa
...sebab umumnya sesudah seseorang berhasil meraih sasaran yg diinginkannya (meskipun itu sasaran kecil), namun tersebut telah cukup buat membuat percaya dirinya meningkat.

Sehingga dengan mempunyai banyak kesuksesan dalam mengejar sasaran yg diinginkan bakal membuat percaya diri semakin tinggi.

Adapun bila membebani diri dengan sasaran yg terlalu besar, umumnya bakal membuat putus asa (sebab sasaran yg diinginkan tak tercapai) & juga membuat taraf kepercayaan diri menurun.
Buatlah 1 pencapaian kecil saja dalam hari-hari Anda, agar kita tahu bahwa kita mempunyai kemampuan yg luar biasa.

#16. Tidak boleh suka membandingkan dengan diri dengan orang lain
Hal yg kurang dianjurkan yakni membandingkan diri kita dengan orang lain. Mengapa? Sebab orang lain bakal mempunyai kelebihan daripada diri kita sendiri, sehingga dikhawatirkan menghilangkan percaya diri Anda.

Solusinya? Yakni membandingkan kita dengan diri kita sendiri sebelumnya. Perhatikan beberapa peningkatan yg kita miliki dalam setahun sebelumnya.

Dengan pokus di diri sendiri buat menaikan kemampuan, jauh lebih baik dibandingkan terus-terusan melihat kepada orang lain...

...maka dengan pokus buat membangun diri membantu kita lebih percaya diri dalam menjalani hidup.

Adapun melihat di kelebihan orang lain, dilakukan hanya dalam rangka memotivasi diri, supaya dalam diri terpatri: “kalau dia bisa, kepana saya tak?”.
Untuk dapat percaya diri, kamu tak perlu jadi sosok sempurna. Dirimu berharga dengan segala kelebihan & kekurangannya

Agar dapat terlihat berwibawa & penuh percaya diri bukan berarti mesti jadi sosok yg sempurna.

Memang sih, muka yg rupawan & mempunyai kemampuan luar biasa, membuat rasa percaya diri muncul dengan sendirinya.

Tapi, sebenarnya bukan kelebihan itulah yg jadi kunci percaya diri mereka. Kepercayaan diri muncul sebab adanya rasa menerima dengan apa yg dimiliki, baik itu kelebihannya maupun kekurangannya...

...tak membandingkan diri dengan orang lain sebab tahu itu bakal menurunkan rasa percaya diri mereka (ataupun diri sendiri). & prinsip inilah yg sungguh baik buat dipegang.

#17. biasakan posisi tubuh tegap (bukan buat sombong)
Biasakan supaya duduk & berdiri dengan tegak, berjalanlah dengan tegap. Bahasa tubuh dapat “berbicara” banyak tentang rasa percaya dirimu.

Dari bahasa tubuh saja, sebenarnya orang dapat “membaca” diri kita. Dengan membiasakan postur tubuh yg tegap, juga membuat jiwa tersebut dapat lebih percaya diri.

#18. Dalam berbiacara, tatap mata lawan bicara Anda
Tidak boleh hingga anda berbicara di orang lain sambil berterdari dirinya, perkara tersebut tentu tak sopan & tak menghargai orang lain.

Saat berbicara tentunya perlu dilakukan kontak mata (menatap muka) sehingga membuat suasana jadi nyaman & hangat. Selain kontak mata pun membantu menarik minat lawan bicara.

#19. Bersyukur
Mensyukuri apa yg dimiliki bisa membangun rasa percaya diri Anda. Sebab dengan bersyukur, kita terhindar dari stres & perasaan negatip lainnya.

Hal yg sungguh jarang dipikirkan (direnungi) oleh banyak orang, seperti: bersyukur masih dapat konsumsi hari tersebut (sebab dapat saja tumbuhan tak tumbuh ataupun gagal panen), bersyukur tubuh dalam keadaan sehat, dapat menghirup udara, mempunyai penghasilan yg cukup bahkan lebih daripada kebanyakan orang, dll.

#20. Bicaralah dengan perlahan
Hal sederhana supaya kita terlihat atau jadi lebih percaya diri yakni bicara dengan perlahan, sehingga kita bakal tampak lebih berwibawa.

Adapun bila terlalu banyak bicara, & biacara mengolahnya ceplas-ceplos telah barang tentu bakal membuat diri kita jatuh dipandangan orang lain.

Berbiacara dengan tenang & perlahan, tidak boleh bicara terlalu cepat yg membuat lawan bicara kesulitan dalam menangkap, dan membuat kita bakal merasa tak enak sebab kita sadar sudah bicara terlalu cepat.

Selain itu, dengan bicara perlahan (tak terburu-buru) pun memberi diri sendiri peluang buat memikirkan kalimat yg terbaik buat dikeluarkan.
Berbicara perlahan pun menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yg merasa tak layak didengarkan bakal berbicara dengan cepat, sebab dirinya tak mau membuat orang lain menunggu lama buat hal-hal yg tak layak didengarkan.


Saat sedang presentasi, dengan berhentilah sesaat di akhir sebuah kalimat, sungguh baik supaya membantu orang lain mencerna apa yg kita katakan.

#21. Berkomunikasilah dengan orang-orang terdekat Anda
Tidak boleh ragu buat mengungkapkan kekhawatiran & ketakutan yg kita alami dengan orang-orang terdekat anda.  Dengan melakukan perkara ini, kita tak hanya bakal mendapat dukungan moral dari orang-orang terkasih, tapi juga bakal mendapat masukan dari mereka.

#22. Bantulah orang lain
Dengan membantu orang lain, kita tak hanya memupuk relasi & hubungan baik, tapi juga dapat menaikan rasa percaya diri.

Bantuan tak mesti berupa materi atau uang, tapi dapat dalam bentuk sederhana, seperti memberikan simpati & jadi pendengar yg baik untuk orang lain yg sedang sedih.

#23. Ingat: "Tak terdapat perkara yg Sempurna"
Tidak boleh pernah jadi orang yg sempurna, sebab memang tak terdapat yg sempurna di dunia ini.  Tidak boleh khawatir saat bnda mempunyai kekurangan & pernah melakukan kesalahan-kesalahan.

Keinginan buat jadi sempurna justru membuat diri sendiri tertekan, stress, & berakibat di turunnya rasa percaya diri.

Sebenarnya, salah satu ciri orang yg bijak ialah menerima diri apa adanya (demikian pun dengan kekurangan orang lain).

#24. Membiasakan diri berdoa kepada Allah
Hidup di dunia tak bisa dipungkiri bakal penuh kesedihan, perasaan galau & semacamnya bakal terus menginti setiap waktu.

Sehingga, penting untuk orang yg beriman buat berdoa hanya kepada Allah... pencipta langit, bumi & semua makhluk.

Berdoa disarankan kalimatnya sesuai dengan yg diajarkan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam. Bila tak hapal, kita dapat memakai bahasa Indonesia. Kerap-keraplah berdoa, buat mengadukan segala masalahatika hidup kepada pencipta langit & bumi

Selain itu, sebelum melakukan sebuah perkara maka ucapkan bismillah, misalnya: saat mengambil & meletakan buku maka ucapkan bismillah. ini sebagai bentuk djikir kepada Allah.

Dengan membiasakan lisan mengucapkan doa & djikir, maka bakal memberikan kekuatan di hati.
https://id.wikipedia.org
Cara yang Mudah Agar Percaya Diri Meningkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar